rel='shortcut icon'/>

Senin, 24 Januari 2011

Ketika Kita Berusia Lanjut

Beberapa hari ini rumah kami kehadran nenek yang sudah berusia lanjut dan berumur sekitar 80 tahun. Awalnya, ia tinggal di kampung halamanku, samalanga. Tapi, karena kondisinya yang semakin menurun makan nenekpun tinggal bersama kami saat ini.

Ada sebuah cerita yang ingin saya ceritakan. Ketika beliau hadir di dalam keluarga kami dan mulai menjalani rutinitas sesuai dengan keadaan rumah.

Layaknya sebuah hari yang dimulai. Subuh itu, kami sekeluarga bangun dan shalat subuh lalu beranjak dengan aktifitas lainnya. Kemudian bunda menyuruh saya untuk membangunkan nenek tidur dan shalat subuh.

Nek, bangun...
, ujarku padanya. sekejap ia membuka mata dan menatap saya , namun demikian seketika itu pula ia menutup matanya kembali.

Lalu,, sayapun kembali memanggilnya,
nenek bangun.... udah subuh, shalat dulu yok..
. Cukup sulit membangunkan nenek yang kini telah lanjut lansia, hingga pada akhirnya iapun bangun dan masuk ke kamar mandi dan mengambil wudhu.

Ternyata tak hanya sampai di situ. Ketika ia mulai shalat, sayapun kembali menberi tahukan padanya bahwa sekarang ia akan shalat subuh dan memberitahukan niat untuk shalatnya.

Setelah itu, saya kembali beraktifitas kembali. Tak lama kemudian, saya mendekati nenek dan menanyakan,

udah nek?

belum, eh... udah..
katanya dengan wajah yang datar. sayapun kembali melepaskan mukenanya dan merapikannya sambil tersenyum.

------------------------------------------------------------------------------------

ok baiklah, mungkin agak sedikit membingungkan ketika kalian membaca tulisan di atas, "maaf ya, masih tidak pintar", hehe..

tapi, yang ingin saya sampaikan bahwa tua adalah suatu hal yang akan tetap hadir dalam diri kita yang akan disertai dengan perubahan-perubahan tertentu. perubahan yang terjadi berupa perubahan fisik maupun perubahan psikologis. ^-^

perubahan fisik yang terjadi, berupa perubahan hormon yang mempengaruhi aktifitas hormonal, perubahan kekuatan fisik, serta saraf dan otot. semuanya mempengaruhi fungsi aktifitas fisik sehingga banyak dari mereka yang telah lansia mengalami gangguan-gangguan secara fisik maupun berfungsi dalam kehidupan.

sedangkan, perubahan secara psikologis yang terjadi, berupa memiliki kecenderungan semakin sensitif, merasa tidak berguna, ingin diperhatikan, dan lain sebagainya. Tentunya memberikan perubahan tersendiri dalam dirinya.

lalu, bagaimana kita mampu mngubah siatuasi tersebut?

saya rasa kita semua mampu membuat sebuah perubahan dalam hidup kita, baik yang terjadi sekarang maupun yang akan terjadi di masa mendatang. jika sekarang kita memberikan kesempatan dalam diri kita untuk berjalan dalam sebuah pencapai yang baik maka kita juga sebenarnya membuat sebuah perubahan untuk di masa mendatang.

masa muda adalah masa yang paling kritis dalam periode hidup manusia. masa muda itu sendiri terdiri dari masa remaja dan masa dewasa yang memberikan kesempatan bagi seseorang tumbuh dan berkembang menjadi sosok yang ia inginkan. maka, mulailah membuat sebuah kesempatan dalam hidup kita untuk berjaya.

ketika kita terbiasa untuk menjadi orang yang terus melakukan fungsi, akan memberikan kesempatan bagi kita untuk juga berfungsi di masa tua. biasakanlah diri kita untuk terus berfungsi dan menjalani rutinitas dengan semangat dan keingitahuan. setidaknya, kita sedang belajar untuk menunda sebuah kepikunan yang akan kita hadapi nantinya.

Lakukanlah sekarang, atau kita akn menhadapi sebuah perubahan tanpa sebuah kesiapan

^-^

24 Januari 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Pageviews