rel='shortcut icon'/>

Minggu, 21 November 2010

Orang Tua dan Pola Asuh

Definisikan tentang orang tua...
Orang tua adalah ayah dan/atau ibu seorang anak, baik melalui hubungan biologis maupun sosial. Umumnya, orangtua memiliki peranan yang sangat penting dalam membesarkan anak. http://id.wikipedia.org/wiki/Orang_tua

Orang tua merupakan orang-orang yang telah memberikan kita sebuah penghidupan baik secara material maupun secata non-material. Mereka adalah orang-orang yang telah mengajarkan kita tentang arti dari sebuah kehidupan. bagaimana cara menjalaninya dan bagaimana cara kita belajar dari hidup itu sendiri.

Lalu, dalam sebuah keluarga tentunya tidak hanya terdapat orang tua saja, tetapi terdapat pula seorang anak atau beberapa. keluarga adalah sebuah organisasi yang membutuhkan sebuah alat yaitu, komunikasi. komunikasi yang baik adalah bukti dari sebuah keluarga yang baik. ketika seorang anak dan orang tua dapat saling berkomunikasi dengan baik, maka akan terjalin hubungan yang akrab diantara dua sosok tersebut.

Pola asuh orang tua....
Terkait dengan komunikasi, maka hal itupun terkait dengan bagaimana orang tua mengasuh anak-anaknya. pola asuh menunjukkan sebuah proses bagaimana orang tua mengasuh/mendidik anak-anak mereka dalam tumbuh kembangnya. Berikut ini ada beberapa cara pola asuh:

1. Otoriter adalah pola asuh yang mengharapkan kepatuhan yang mutlak dari seorang anak dan melihat anak butuh untuk dikontrol. orang tua yang memakai pola asuh ini, cenderung lebih sering melakukan pemaksaan, pemukulan dan menghinaan pada anak. 

2. Permisif adalah pola asuh yang membolehkan anak untuk mengatur hidup mereka sendiri dan menyediakan hanya sedikit panduan baku. Biasanya orang tua lebih memberikan anak materi dan jarang yang mampu membina hubungan yang hangat dengan anak. 

3. Otoritatif adalah pola asuh yang dianggap sebagai pola asuh yang palin ideal. Otoritatif bersifat lebih tegas, logis dan adil. Pola asuh ini akan membentuk anak yang sehat secara psikologis, mandiri dan kompeten, bersifat kooperatif dan nyaman dalam menghadapi situasi-situasi sosial.  (Matsumoto:2008)

4. Tak terlibat adalah pola asuh yang tidak melibatkan diri dalam kehidupan anak. Anak dan orang tua tidak memiliki banyak interaksi, baik secara material maupun non material. Terkadang, anak bahkan tidak mengenal orang tuanya dan tidak memperdulikan keadaan mereka.

Itulah beberapa pola asuh yang ada didalam masyarakat kita. Melalui pola asuh tersebutlah, akan tampak bagaimana orang tua menjalin hubungan dan komunikasi dengan anak mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Pageviews