rel='shortcut icon'/>

Senin, 01 Agustus 2016

Positif Emosi : Bersyukur

Mengenal rasa syukur

Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk bisa menambah membuat kita untuk terus berada dalam rasa bersyukur. dalam ilmu psikologi bersyukur atau kebersyukuran disebut dengan gratitude.   
Gratitude (rasa bersyukur) memiliki banyak manfaat baik terutama dalam meningkatkan emosi positif. pada dasarnya ketika kita merasa bersyukur, maka kita sedang membangung sebuah konstruksi kognitif atau pemikiran yang kemudian memiliki pengaruh terhadap emosi dan perasaan yang kita rasakan. 
Sederhana sekali bukan? :)
Salah satu pakar ilmuwan Emmons (2004) yang membicarakan gratitude mengatakan bahwa kebersyukuran ditandai dengan kemampuan mengubah respon emosi terhadap suatu peristiwa sehingga menjadi lebih bermakna.  
Karena gratitude adalah salah satu bentuk dari emosi positif maka dengan semakin sering seseorang bersyukur maka pengalaman positif yang akan menambah memori positif akan semakin banyak (recollective). dengan demikian, perasaan positif dan bahagia akan dapat menghadapi perasaan tertekan dan depresif. Nah, itu semua sudah dijelaskan juga oleh McCullough, Kimeldof, & Cohen pada tahun 2008.

Ini nih caranya.

Dr Emmons telah lama melakukan penelitian yang melibatkan banyak mahasiswa untuk mengetahui tingkat kebersyukuran dan juga pengaruhnya pada mahasiswa. hasilnya mereka yang terus saja menuliskan jurnal hariannya dengan kebersyukuran semakin meningkatkan rasa bersyukurnya. Wah, kalau begini yuk kita coba untuk hari-hari kita k depan dengan menuliskan hal-hal yang kita syukuri. :)

Mungkin hanya ingin berbagi juga ya. 
Saya mempunyai klien yang mengalami masalah depresi sedang. Penanganan yang saya lakukan dengannya salah satunya adalah dengan meminta klien untuk menuliskan journal hal positif dan kebersyukurannya dalam sehari yang dia dapatkan minimal 5 hal. Hasilnya...  
Dalam waktu 2 minggu klien saya selalu saja merasa gembira dan tersenyum-senyum jika bertemu dengan saya dan orang sekitarnya. Dia mengatakan bahwa hidupnya menjadi lebih menyenangkan belakangan ini. wahh... terbukti ternyata ya..

Jangan tunda lagi. 
Saya tahu, mungkin beberapa pembaca yang ada di blog ini ada yang mengalami masalah keluarga, cinta, teman (seperti saya, haha) dan lainnya. tapi jangan pernah putus asa. Bisa saja dengan teknik ini teman-teman akan semakin bersyukur akan kehadiran mereka yang lalu dan membuatmu semakin kuat. 

Berikut ini ada beberapa teknik lainnya untuk membangun positif emosi. good luck :)


4 komentar:

Total Pageviews