rel='shortcut icon'/>

Senin, 16 Januari 2012

Glossophobia, Phobia berbicara di depan umum

Glossophobia atau ketakutan berbicara di depan umum, adalah sangat umum terjadi. Siapa yang pernah mengalaminya? :)

Beberapa ahli memperkirakan sebanyak 75% dari populasi memiliki beberapa tingkat kecemasan tentang berbicara di depan umum. Tentu saja, banyak juga orang yang mampu mengelola dan mengendalikan rasa takut ketika tampil di depan umum. Jika rasa takut cukup signifikan dan sebabkan masalah dalam pekerjaan, sekolah atau hubungan sosial, bisa saja kamu mengalami fobia ini. Sebagian besar karir melibatkan bicara di depan umum, misalnya berpartisipasi dalam pertemuan untuk memberikan presentasi kepada klien. Jika kamu fobia parah, kamu mungkin akan tidak mampu melakukan tugas-tugas yang diperlukan.

Selain itu, Glossophobia adalah bagian dari fobia sosial, atau takut pada situasi sosial. Orang dengan glossophobia tidak ada gejala fobia sosial, misalnya takut bertemu orang baru atau takut melakukan tugas di depan orang lain. Kenyataannya, banyak orang dengan glossophobia mampu menari atau menyanyi di panggung, asalkan mereka tidak perlu bicara. Demam panggung adalah pengalaman yang relatif umum pada mereka dengan glossophobia. Seseorang dengan kepribadian introvert belum tentu orang yang Glossophobia. 

Glossophobia dapat berhasil diobati dalam berbagai cara. Salah satu yang paling umum adalah cognitive-behavioral therapy. Kamu akan belajar untuk melawan rasa takut dengan melakukan positive self-talk. Kamu akan mempelajari teknik-teknik relaksasi dan apa yang harus dilakukan ketika kamu mengalami serangan panik. Kamu akan secara bertahap menghadapi ketakutan itu dalam lingkungan yang aman dan terkendali.

Selanjutnya, dengan membangun kepercayaan diri dalam kemampuan kamu untuk berbicara di depan umum dapat mengurangi kecemasan kamu. keberhasilan mengatasi kecemasan tampil di depan umum tidak bisa diraih dalam semalam. Ada waktu dan proses yg harus dilalui. Selain itu, teknik visualisasi juga dapat digunakan dalam menangani phobia ini.

15 komentar:

  1. errr... mira punya masalah dengan ngomong di dpn umum, terutama kalo seminar huhu

    BalasHapus
  2. Kalau kesulitan ngomong waktu seminar itu wajar, semua orang juga punya masalah yang sama.
    cuma kadarnya dan intensitasnya aja yang bedain dengan orang glossophobia. :)

    BalasHapus
  3. Saya kesulitan bcara didpn kels, sring Blank mau mengajar apaa, padahal sy guru, smpai skrng sy blm mngajar karna speechless dpn umum.

    BalasHapus
  4. Kesulitan bicara di depan umum itu memang sering dialami setiap orang. gak papa kok. dilatih aja terus, Imha.

    Sesekali coba ambil kesempatan waktu untuk bicara sendiri di depan kaca, atau di depan teman-teman. dengan begitu bisa membantu untuk menumbuhkan kepercayaan diri dan kemampuan komunikasi dengan orang banyak.

    Semoga bermanfaat. :)

    BalasHapus
  5. Saya susah/takut klo berbicara dg orng sprti teman sekelas saya(kecuali yg sdh sangat dekat dg sya) apalagi klo d suruh berbicara dg keras, klo d suruh bicara/tampil sya lgsng deg deg kan, terus bagian perut terasa panas, tangan sya lngsung dingin, pas nama saya d sebutkan aj dh gtu(walaupun cma d sbtkn). jd klo d kelas saya lbh banyak diam, sya bisanya klo ngobrol sma teman yg benar2 dkt sma sya. Cara ngatasinya gmna y?

    BalasHapus
  6. Hai Ayu Ningtyas.
    Wah, ternyata gugupnya sudah sampai ke fisik ya?! gak papa kok. InsyaAllah bisa dihilangkan.

    Cobalah untuk terus membangun hubungan dengan orang-orang baru. berbicara tentang hal-hal sederhana, meskipun cuma menanyakan nama dan berkenalan. semakin sering nanti kamu sedikit-sedikit bisa semakin percaya dengan orang lain.

    jika itu dalam kelas, minta bantuan teman-teman dekat untuk memotivasi kami untuk speak up di kelas dan kamu juga harus terus berusaha. cara lainnya bisa dilakukan seperti Mbak Imha juga kok.

    memang tidak mudah, tapi kamu harus tetap mencobanya. semoga berhasil ya. :)

    BalasHapus
  7. Postingan bagus, kalau saya gugup pas bicara jadi bagus, pas ga gugup, lupa semua apa yang mau diomongin di depan, gimana tu?

    BalasHapus
  8. Gugup itu hal yang wajar. Tapi tergantung dari kitanya bisa mengontrol atau tidak, dan kalau itu menganggu, itu yang tidak baik.
    Nah, tentang gak gugup dan lupa semua. biasanya itu tanda nge-blank dan tidak fokus. hehe

    BalasHapus
  9. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  10. wah.... siti cem konsultan XD

    suka suka_______ (y)

    BalasHapus
  11. Saya jika maju didepan kelas gugup dan suka tiba-tiba suara saya hilang.tangan saya dingin

    BalasHapus
    Balasan
    1. ayo terus mencoba berlatih di depan kelas ya.

      Hapus
  12. Gua bangettt
    Gua suka ngobrol" dengan orang lain, gua suka ikut pentas tari dan busana muslim, tapi masalahnya pas mau presentasi/paparan nahh, tubuh gemeter, tangan dingin, suara tiba" hilang, berarti bener gua ngidap glossophobia. Walaupun sdh latihan" bicara trs tp hasilnya nihil

    BalasHapus
  13. Gw berani public speaking tapi gw kaga berani nyanyi depan umum gitu itu apa ya nama phobianya? Atau itu bukan phobia?

    BalasHapus

Total Pageviews