rel='shortcut icon'/>

Selasa, 29 November 2011

Empati-Martin L. Hoffman


Pengertian Empati- Martin L. Hoffman
Empati diartikan sebagai kemampuan untuk menempatkan diri dalam perasaan atau fikiran orang lain, tanpa secara nyata harus terlibat dalam perasaan atau tanggapan orang itu. (Powell : 1983, Feshbach dan Roe : 1968, Hoffman : 1977)
Dalam perkembangannya, empati sudah ada sejak usia awal, yang ditunjukkan melalui reaksi fasial, kemudian mengalami perkembangan sejalan dengan pertambahan usia (Levine dan Hoffman, 1975), elaborasi kognisi (Hoffman, 1976). Jika dalam perjalanannya ternyata antara satu orang dengan yang lainnya memiliki perbedaan dalam memberikan atau menerima reaksi empati, hal itu dikarenakan oleh (a) perbedaan jenis kelamin, (b) perbedaan self esteem dan (c) tuntutan keluarga.
Penelitian yang dilakukan oleh Maccoby dan Jacklin (1974) menunjukkan bahwa pada usia awal perkembangan anak laki- laki lebih banyak menunjukkan sikap empati dari pada anak perempuan. Namun demikian, seiring dengan perkembangannya perempuan lebih banyak menunjukkan empati dari pada laki-laki.
Empathy is the ability to take another’s emotional perspective and to ‘feel with’ that person, or respond emotionally in a similar way” (Berk, 2009).
Selain itu, empati juga diartikan sebagai kemampuan untuk mendalami emosi individu lain, merasai apa yang dirasainya dan kemampuan untuk respon dalam keadaan diri mempunyai perasaan/emosi yang sama seperti individu berkenaan.

Menurut Hoffman (1991), perkembangan moral ditandai juga dengan adanya perkembangan perilaku prososial dan empati dalam diri seorang anak. Hoffman mengemukankan bahwa dalam perkembangannya, empati memiliki dua dimensi yaitu dimensi kognitif dan dimensi afektif, selain itu dalam perkembangan empati memiliki korelasi dengan perkembangan kemampuan kognitif. Empati banyak disebut sebagai motif dasar bagi seseorang untuk bertindak prososial, namun demikian banyak penelitian hanya mendapatkan hubungan antara empati dengan prekembangan perilaku prososial. 

A.   Peringkat perkembangan Empati Menurut Hoffman
Proses empati yang berlaku dalam diri individu memiliki peringkat. Berikut ini adalah peringkat empati yang terjadi pada individu menurut Hoffman:
a.    Mod primitif (Primitif Modes)
Adalah peringkat empati yang melibatkan proses kognitif/pemahaman yang sedikit. Terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:
·         Mimicry (ajukan/peniruan)
Mimicry adalah jukan dan peniruan emosi atau aspek afektif oleh pemerhati yang berlaku secara otomatis (bukan sesuatu yang di buat atau memiliki sebab). Biasanya berupa ekspresi wajah, suara dan posisi tubuh.peniruan ini biasanaya kan memberikan efek secara langsung pada diri pemerhatinya. Misalnya : seseorang yang tertawa di dalam sebuah rumah penjagaan bayi karena melihat tingkah laku bayi-bayi
·         Classical Conditioning (Pelaziman Klasik)
Classical conditioning adalah suatu cara dapat memunculkan respon empati dengan cepat dan secara otomatis. Biasanya respon tersebut dihasilkan dari proses pembelajaran dari pengalaman masa lalu, kemudian memberikan pengaruh pada pengalaman masa kini. Misalnya : ketika seorang anak diperlakukan baik oleh ibunya, maka sang anak juga akan memberikan respon yang sama ketika ia berhadapan dengan ibunya.
·         Direct Association (perkaitan langsung)
Direct association adalah suatu proses yang berlaku apabila individu melihat situasi yang melibatkan emosi dan perasaan dan mengingatkan ia kepada masa yang lalu. Namun demikian memiliki perbedaan dengan pengkondisin klasi karena di sini tidak melibatkan individu yang sama dalam situasi tersebut. Misalnya : seseorang yang terjatuh di depan orang ramai dan anda berada di sana, saat itu anda dapat merasakan bagaimana malunya anda saat itu karena pernah mengalaminya sebelumnya.
b.    Mod Matang (Mature Modes)
Adalah peringkat empati yang melibatkan proses kognitif/pemahaman yang lebih tinggi dan matang biasanya berkembang sesuai dengan perkembangan bahasa dan aspek kognitif individu. Terbagi menjadi 2 cara, yaitu :
·         Languange mediated association (pengkaitan melalui medium bahasa)
Seseorang yang berada di dalam cara ini biasanya mencetuskan empatinya melalui bahasa. Biasanya dapat berlaku meskipun emosinya tidak ditampakkan secara langsung namun dalam tampak dari cara berbicaranya. Cara dengan medium bahasa ini membutuhkan kemampuan kognitif yang lebih tinggi berupa penafsiran bahsa dan proses memberikan penjelasan. Misalnya: tampak dari penulisan bahasa dalam novel, cerpen dan kisah-kisah yang sebenarnya.
·         Role taking (pengambilalihan peranan)
Role taking adalah penggambaran perasaan empati yang berlaku apabila individu mengambil alih peranan atau menilai sesuatu permasalahan melalui sudut pandang orang lain. Role taking terbagi menjadi 2 :
-   Self focused : membayangkan seolah-olah dirinya sendiri yang mengalami permasalah tersebut.
-  Other focused : membayangkan apa yang akan dialami oleh individu yang terlibat dalam situasi tersebut atau yang dialami oleh kebanyakan orang.
 
B.   Tahap perkembangan Empati Menurut Hoffman
Selain itu, terdapat empat tahap perkembangan empati menurut Hoffman, diantara lain adalah:
1.    Global Empathy
Empati ini biasanya akan dirasakan oleh semua orang ketika diletakkan dalam sebuah situasi yang sama ketika ia baru saja dilahirkan. Empati ini juga tidak dapat dibedakan antara perspektif diri dan orang lain. Kondisi empati ini biasanya terjadi pada bayi yang baru saja lahir. Contohnya ketika dalam suatu situasi di ruang bersalin di rumah sakit, dan terdapat bayi-bayi yang memiliki perasaan yang sama.
2.    Egosentric Empathy
Empati ini terdapat pada anak yang berusia 6 bulan hingga 1 tahun. Anak biasanya belum merasakan adanya ketakutan terhadap orang lain dan masih memiliki perspektif yang sama dengan orang lain. Anak masih belum mampu membedakan emosi diri dan emosi orang lain tetapi tidak lagi dipengaruhi oleh emosi orang lain. Anak ketika melihat emosi dari orang lain maka akan mengambilnya sebagai emosi miliknya, kemudian berkelakuan seolah-olah dirinya sendiri yang mengalami situasi tersebut. Contohnya : apabila seorang anak A menangis, maka anak lain akan berlari ke arah ibunya dan memegang tangan ibunya.
3.    Empathy for another’s feelings
Anak ketika berusia 2 atau 3 tahun sudah mulai  mengambil peran yang telah ada, seperti merespon isyarat dari orang lain dengan berbagai respon emosi. Anak akan mulai mengenal adanya perbedaan antara setiap individu termasuk emosi yang ia miliki dengan emosi yang orang lain miliki.
Seorang anak biasanya akan mencoba untuk membantu temannya, walaupun demikian bantuan yang diberikan seolah-olah dapat mengurangi kesedihan yang dialami oleh dirinya sendiri. Contoh: ketika seorangnya teman yang bersedih, diajak untuk bermain permainan yang dia sukai.
4.    Empathy for another’s life condition
Setelah melewati tahap anak-anak, seorang anak akan memasuki usia preadolescense. Biasanya anak akan memiliki kesadaran tentang kehidupannya yang terjadi dalam sehari-hari. Mula-mula anak akan memahami bahwa adanya perbedaan antara dirinya dengan orang lain ketika dihadapkan oleh situasi yang berbeda akan menghasilakn emosi dan respon yang berbeda.
Selain itu, kesadaran akan hal tersebut juga menumbuhkan bahwa setiap respon dalam situasi yang berbeda akan memberikan emosi yang berbeda pula. Kemudian menilai perasaan orang lain dengan menganalisis situasi yang terlibat atas seseorang secara konteks maupun latar belakangnya.
5.    Broader empathy
Pada tahap ini, seseorang telah mampu mengambil perspektif dalam waktu jangka panjang. Mampu memahami antar perspektif dirinya dengan perspektif orang lain. Bukan hanay dalam hal mengenal pasti perasaan dalam yang dialami serta situasi yang mengakibatkannya tetapi juga melihat kepada aspek lainnya. Seperti aspek sejarah masa lalu (past) dan kesannya terhadap masa depan (future). Contohnya dalam hal masalah keluarga miskin, peperangan, dan lainnya. 
Kaitan antara Perilaku Empati dengan Perilaku Prososial
Keterlibatan proses psikologis yang membuat seseorang memiliki perasaan yang lebih tepat dalam situasi yang ada. Proses empati ini sering menghasilkan perasaan yang sama dalam suatu situasi antara pengamat dengan korbannya.
Kebiasaannya manusia menunjukkan tingkah laku prososial terhadap sesuatu keadaan disebabkan oleh pengaruh psikologi yang pernah dialami. Pengaruh psikologi banyak mempengaruhi cara manusia bertindak terhadap sesuatu keadaan dan suasana yang melibatkan aktiviti sosial. Pengaruh psikologi boleh dilihat menerusi faktor emosi iaitu kesan emosi yang mendorong manusia melakukan sesuatu dalam keadaan di luar dugaan . Ini dapat dilihat dalam aspek empati
            Empati adalah merupakan syarat utama bagi tingkah laku prososial. Empati juga merupakan kebolehan individu meletakkan diri dalam keadaan orang lain atau dalam erti kata lain individu yang mempunyai tahap empati yang tinggi adalah seseorang yang merasai apa yang dirasai oleh orang lain dan memahami perasaan tersebut serta punca-puncanya. Apabila seseorang melihat orang lain dalam kesusahan empati bertindak sebagai pendorong seseorang itu untuk menolong orang lain yang ditimpa kesusahan. (Ma’rof Redzuan, 2001). Tingkah laku menolong ini adalah disebabkan perkongsian emosi dengan individu lain iaitu cuba merasai atau memahami apa yang telah dialami oleh individu lain. Empati biasanya pertolongan yang diberi untuk mengurangkan tekanan diri dan emosi orang lain dalam bentuk ganjaran dan perkhidmatan.
Dari contoh tersebut, ditemukan hubungan antara empati dengan perilaku prososial. Berikut ini terdapat empathic distress yang berkaitan langsung dengan perilaku prososial yang biasanya digunakan ketika menolong seseorang dalam masalah, bahaya, kesakitan, ketidaknyamanan dan tipe-tipe kesusahan lainnya.
a.    Empathic distress berasosiasi dengan perilaku menolong.
Banyak studi yang menunjukkan ketika adanya masalah orang akan menunjukkan  empatinya, bahkan beberapa ada yang menunjukkan perilaku menolongnya secara langsung. Penelitian menunjukkan adanya empati yang tinggi serta perilaku menolong yang ditunjukkan oleh observer pada korban yang banyak menunjukkan ketidakmampuan (sakit dan penderitaan)
b.    Empathic distress mendahului perilaku prososial.
Penelitian yang dibuat oleh hoffman menunjukkan bahwa keinginan untuk berempati akan memotivasi adanya perilaku menolong. Selain itu, intensitas empati yang ada pada observer akan menunjukkan frekuensi dan kecepatan dalam memberikan bantuan kepada korban.
c.    Observer akan merasa lebih baik setelah menolong.
Perilaku menolong (prosocial behavior) yang dilakukan oleh seseorang akan menyebabkan seseorang menjadi lebih baik dan meresa menjadi lebih nyaman. Hal ini dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh Murphy (1937). Selain itu, perasaan yang menjadi lebih baik ketika observer mampu mengurangi stress dan perasaan tidak nyaman yang dirasakan oleh korban.
d.    Role Taking
Tahap keempat dari perilaku prososial empati adalah role taking. Role taking ini melibatkan proses kognitif. Dimana seseorang meletakkan dirinya berada pada posisi orang yang mengalami peristiwa tersebut, sehingga ia mampu merasaka perasaan orang tersebut

D.   Kaitan antara Perilaku Empati dengan Perkembangan Moral

Perubahan yang terjadi dalam diri seseorang memiliki pengaruh juga dalam perkembangan moralnya. Salah satunya konsep sesuatu dianggap baik dan buruk oleh seseorang melalu penilainnya. Hal ini di sebut dengan “the good heart” yaitu melihat bagaimana moral feeling dan affective sources individu berperanan dalam pendorong perilaku menjadi seseorang yang baik. moral feeling dan affective sources berupa empati.
Berbicara tentang moral tentunya memiliki kaitan dengan bagaimana seseorang berhadapan dengna orang lain, barupa bagaimana ia membantu orang lain serta bagaimana merespon situasi dan emosi yang mereka keluarkan.

Sumber :
-       Hoffman, Martin L. Empathy and Moral Development “implications for caring and justice”. 2000. USA : Cambridge University Press.
-       Carlo, Gustavo, dkk.  Early adolescense and prosocial behavior 1: the role of individual processes. 1999. Lincoln: University of Nebraska.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Pageviews